Eksplorasi Dunia Bawah Laut di Sea World Ancol, Jakarta

detikgadget.com – Sea World Ancol merupakan destinasi yang sempurna bagi para traveler yang ingin menikmati akhir pekan yang berbeda sambil belajar tentang konservasi hewan laut. Terletak di dalam kompleks Taman Impian Jaya Ancol, akuarium ini dibangun dengan inspirasi dari kekayaan maritim Indonesia.

” Baca Juga: Garena dan Kadokawa Siapkan Anime Free Fire untuk Global “

Read More

Sejarah dan Lokasi Sea World Ancol

Pembangunan Sea World Ancol dimulai pada 2 Oktober 1992 oleh Gubernur Jakarta saat itu, Wiyogo Atmodarminto, dengan peletakan batu pertama. Dalam kurun waktu kurang dari dua tahun, area ini berkembang menjadi akuarium besar yang kini dikenal sebagai Sea World Ancol. Berada di sebelah selatan Ocean Dream Samudra, Sea World menempati lahan seluas 3 hektar yang mencakup berbagai fasilitas seperti sarana pameran, restoran, toko souvenir, lobi, dan area servis.

Keanekaragaman Hayati di Sea World Ancol

Sea World Ancol menampilkan berbagai kehidupan akuatik dengan koleksi yang mengagumkan. Total terdapat 7.300 ekor biota air tawar dan 11.500 ekor biota air laut yang dipamerkan dalam 28 display menarik. Display ini terdiri dari sembilan akuarium air tawar, 19 akuarium air laut, dan empat kolam terbuka, yang masing-masing disajikan dengan konsep unik dan ekosistem khas. Setiap display dilengkapi dengan papan informasi yang menjelaskan nama dan jenis biota, habitat asli, keterangan biologis, hingga keunikannya.

Baca Juga :   Menikmati Pesona Danau Siombak di Medan

Pengalaman Unik di Setiap Display

Pengunjung mulai eksplorasi dari area ticket checking dan kemudian menuju Display Hall yang menampilkan 12 akuarium berisi berbagai jenis ikan, termasuk car aquarium yang unik karena menggunakan mobil bekas sebagai wadahnya. Perjalanan dilanjutkan ke Antasena Tunnel, sebuah terowongan kaca yang dikelilingi oleh akuarium utama, memberikan sensasi seperti berada di bawah laut. Spot ini menjadi favorit pengunjung untuk berfoto karena pemandangan ribuan biota laut yang mengelilingi.

Atraksi Interaktif dan Akuarium Spesial

Setelah keluar dari Antasena Tunnel, pengunjung dapat melihat Shark Aquarium dengan berbagai jenis hiu. Ada juga Interactive Aquarium di mana pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan ikan-ikan dan memasukkan tangan ke dalam akuarium yang aman. Selain itu, Jellyfish Sphere menampilkan lima jenis ubur-ubur yang memukau dan sangat Instagramable.

Jadwal Animal Feeding

Salah satu atraksi menarik di Sea World Ancol adalah pertunjukan pemberian makan ikan yang diadakan setiap hari. Petugas menyelam langsung ke dalam akuarium untuk memberi makan ikan-ikan, dan pengunjung dapat menyaksikan atraksi ini. Jadwal pemberian makan bervariasi antara hari biasa dan akhir pekan, dengan sesi di akuarium utama, Shark Feeding, Piranha Feeding, Kolam Sobat Laut, Moray Eel, Arapaima Amazonia, dan Pari-Rays.

Informasi Praktis: Lokasi, Jam Operasional, dan Harga Tiket

Sea World Ancol berlokasi di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Akuarium ini buka setiap hari dengan jam operasional dari pukul 09.00 hingga 16.30 WIB pada hari biasa, dan hingga pukul 17.00 WIB pada akhir pekan serta hari libur nasional. Tiket masuk untuk hari biasa dibanderol Rp 85.000, sementara tiket akhir pekan seharga Rp 105.000. Tersedia juga tiket Annual Pass seharga Rp 200.000. Harga tersebut belum termasuk tiket masuk ke kawasan Ancol dan tiket kendaraan.

Baca Juga :   8 Destinasi Wisata Religi di Tasikmalaya

” Baca Juga: Pemprov Kalteng Gelar Pertemuan Akbar Lintas Sektor “

Dengan berbagai atraksi menarik dan edukatif, Sea World Ancol menjadi destinasi yang wajib dikunjungi bagi mereka yang ingin menggabungkan liburan dengan wisata edukasi. Jangan lupa untuk memesan tiket terlebih dahulu dan siapkan diri untuk petualangan bawah laut yang seru di Sea World Ancol.

Related posts