Cara memperbaiki Laptop yang Terkena Air tanpa harus diservice

Tips jika laptop terkena siraman air– Salah satu perangkat yang juga banyak digunakan di era modern ini selain smartphone adalah Laptop atau komputer jingjing yang notabene adalah perangkat PC dengan ukuran yang bisa anda bawa dan lebih praktis serta memilii kemampuan serupa dengan PC desktop selain menawarkan kemudahan dalam urusan mobile karena bisa dibawa kemana mana  laptop juga menawarkan kemudahan dengan bisa mengakses Wifi via hotspot wifi yang tersedia.

cara perbaiki laptop kena air

Selain perangkat ponsel pintar yang juga begitu akrab dengan generasi muda milenial yang kekinian ini laptop juga sama pentingnya karena selain bisa digunakan untuk have fun perangkat ini juga bisa membantu menyelasaikan berbagai pekerjaan yang notabene sudah serba modern dan terkomputerisasi maka tak heran jika laptop adalah partner utama seorang mahasiswa atau seorang karyawan namun apa jadinya jika ketika laptop digunakan  secara tak sengaja terkena tumpahan air kopi atau atau air minum anda akibat terlalu sibuk dan panik alhasil anda menyenggol gelas yang sering kali disimpan disamping laptop dan akhirnya laptop pun tersiram air.

Nah apabila anda sedang mengalami masalah diatas seperti laptop yang tersiram air maka tak perlu terlalu panik atau frustasi karena pada postingan ini kami sudah siapkan solusi atau cara mengatasi laptop yang tersiram air dengan beberapa tips mudah ini, simak poin poinnya agar laptop anda selamat dan bisa digunakan kembali:

Tips memperbaiki laptop yang tersiram air

Pada dasarnya seperti perangkat elektronik lainnya yang bisa rusak (konslet) bila terkena air maka tentu saja laptop pun akan rusak jika tersiram air, apalagi komponen didalamnya terbilang cukup kecil namun kerusakan bisa dicegah dan diatasi apabila anda dengan sigap bisa mengeringkannya nah simak cara paling ampuh untuk mengeringkan laptop dan bisa mengatasi masalah tersebut.

1.Langsung  Matikan Laptop

Agar konsleting listrik yang terjadi didalam komponen tak terjadi dan bisa dihindari maka langkah paling mudah adalah mematikan laptop baik dengan menekan tombol power ataupun mencabut sumber daya seperti baterai, mungkin langkah ini terbilang buru-buru dan bisa jadi file yang seadng anda kerjakan tak akan tersimpan namun tentu saja itu tak lebih penting dari keselamatan perangkat utamanya bukan? Dengan mematikan power maka hal ini mencegah terjadinya konsleting pada semua bagian komponen yang vital seperti motherboard ataupun CPU.

2.segera Keringkan Laptop

Karena laptop anda tersiram air alhasil ada beberapa bagian yang basah terkena air, langkah mudah untuk mengeringkannya yakni dengan membalik laptop anda sehingga air akan menetes keluar melalui celah celah yang ada disamping ataupun permukaan laptop, keringkan juga dengan lap bersih permukaan yang basah tersebut dan ingat untuk mencabut baterai seperti hal nya pada tips no 1. Keringkan baterai serta bersihkan dengan lap kemudian diamkan hingga  benar-benar kering .

Untuk bagian baterai anda harus benar benar mengeringkannya terutama pada bagian soket atau kutub yang terdapat panel tembaga, bersihkan bagian tersebut dengan lembut dan keringkan, bila perlu rendam didalam beras untuk menyerap semua air didalam komponen laptop, rendam selama 10 jam untuk benar benar memastikan laptop kering.

  1. Jemur Baterai

Jika pada tips no 2 baterai laptop sudah dibersihkan dan direndam dalam beras maka tak ada salahnya anda jemur baterai diluar ruangan agar  bagian yang basah didalam bateria bisa benar benar kering dengan merata, ingat untuk tidak menjemur baterai langsung dibawah terik matahari karena bisa merusak sel baterai ada baiknya anda menutupnya dengan kain kering agar tak terkena langsung sinar matahari.

  1. Buka Bagian dalam mesin Laptop

Hal lain yang perlu anda lakukan jika laptop tersiram air berikutnya adalah membongkar casing dan membuka jeroan laptopnya agar komponen penting laptop seprti keyboar, motherboard dan lain lain bisa anda keringkan. Lepas semua bagian atau komponen tersebut seperti CPU, RAM,Harddisk,ataupun DVD didalam body laptop kemudian anda bersihkan dengan lap kering yang bersih ingat untuk membersihkan komponen tersebut dengan hati-hati untuk kemudian anda rendam didalam beras sehingga permukaan yang basah yang tak terjangkau lap bisa benar-benar kering.

Bongkar juga LCD bila perlu namun jika layar tak terkena air maka hal tersebut tak perlu dilakukan,ingat untuk melakukan tips pembongkaran ini jika anda benar-benar mengerti cara memasangkannya lagi.

  1. test pasang ulang

Jika keempat tips diatas sudah anda lakukan maka saatnya anda menggabungkan semua komponennya kembali ke tempatnya setelah semuanya benar-benar kering, ingat untuk memasangkannya kembali dengan benar setelah semuanya terpasang maka saatnya pengujian apakah proses pengeringan sesuai tips diata sudah sesuai.

Nyalakan laptop dengan menghubungkan via socket charger tanpa baterai dulu dan jika tercium bau hangus terbakar maka tanda ada komponen yang belum benar-benar kering, langsung saja cabut agar tak terjadi konslet dan semua komponen jadi rusak, jika laptop menyala seperti biasa dan tak tercium apapun maka proses pengeringan laptop yang tersiram air telah berhasil dan laptop bisa digunakan seperti biasa.

Demikianlah postingan mengenai bagaimana mengatasi laptop yang terkena air dan bagaimana cara memperbaikinya, semoga dengan tips diatas bisa memberikan anda solusi dari masalah pada laptop anda.

Semoga artikel diatas bisa memberikan manfaat dan wawasan tambahan, ingat untuk membagikan info ini di sosial media ataupun lainnya, jangan lupa untuk terus kunjungi situs detikgadget.com yang membahas seputar gadget dan tips n trik teknologi…selamat mencoba dan terima kasih

Cara memperbaiki Laptop yang Terkena Air tanpa harus diservice | alifajar | 4.5