Cara supaya Whatsapp tidak menyimpan Foto secara Otomatis

Tips setting Whatsapp supaya tidak simpan Foto secara otomatis- aplikasi instant messengger Whatsapp yang sangat populer digunakan diseluruh dunia tak terkecuali di indonesia kali yang disebut sebut oleh pengguna lebih simple dan lebih ringan dibanding aplikasi chat sejenis semisal BBM, LINE ataupun Telegram selain itu Whatsapp juga bisa digunakan di banyak Platform OS bahkan Java maupun Symbian yang meskipun tak cukup populer dibanding Android ataupupn iOS.

Anda sebagai pengguna Whatsapp pasti sering kali berkirim pesan text, gambar foto ,maupun video bahkan File dsb dengan teman chatting ataupun anda bisa berkirim pesan gambar atau file via Grup Whatsapp nah sadar atau tidak anda pasti tau kan ketika ada teman yang mengirimkan pesan gambar/foto pada anda via chat whatsapp maka secara otomatis gambar tersebut akan tersimpan pada gallery album whatsapp di HP anda setelah secara otomatis terunduh dan tersimpan di memory internal Ponsel, hal ini bukan hanya menggunakan kouta untuk mengunduhnya tapi juga memakan kapasitas memory internal ketika foto tersebut tersimpan otomatis. Jika anda pengguna ponsel yang terbilang cukup kecil internal memorinya tentu saja hal ini bisa cukup merepotkan karena terlalu banyak memakan space memory, tapi jika anda pengguna smartphone dengan kapasitas internal yang cukup besar maka hal tersebut tak jadi soal. Belum lagi kuota yang cepat habis karena mengunduh file gambar yang cukup lumayan besar.

SIMAK Juga:

Namun yang ingin kita bahas pada postingan kali ini adalah bagaimana jika anda tak ingin menyimpan foto kiriman dari teman whatsapp secara otomatis di gallery ponsel anda nah ini yang akan kita jelaskan bagaimana caranya setting whatsapp agar tidak menyimpan foto secara otomatis, oke untuk lebih jelasnya kita sudah siapkan postingan mengenai tips dan triknya dibawah ini, simak selengkapnya:

  1. Untuk mensettingnya pertama anda buka aplikasi Whatsapp dan klik tiga titik dipojok kanan atas untuk kemudian pilih opsi “Setting” kemudian setelah itu anda pilih opsi “data usage/Pengaturan data” setelah itu akan ada beberapa opsi, maka anda coba klik opsi “Saat menggunakan data/when using mobile data” kemudian setelah itu klik juga opsi “saat tersambung ke WiFi/When connected on Wi-Fi” pada kedua opsi tersebut akan ada pilihan jenis file nah sekarang hilangkan semua ceklis pada semua jenis file tersebut pada kedua opsi settingan tadi. Seperti pada gambar dibawah ini:
  2. Oke setelah settingan pertama sudah dilakukan maka sekarang anda bisa menyembunyikan album whatsapp yang ada digallery ponsel anda dengan mengikuti cara berikut, pertama anda masuk ke menu file manager pada ponsel anda setelah itu cara dan klik folder Whatsapp kemudian klik media dan selanjutnya klik Whatsapp Image nah pada folder ini tugas anda tinggal mengganti nama folder menjadi .nomedia. seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini  
  3. Setelah melakukan kedua settingan diatas mulai dari menonaktifkan pengunduhan otomatis file gambar pada chat whatsapp dan menghilangkan folder whatsapp pada gallery smartphone maka mulai sekarang anda bisa secara manual mendownload file yang dikirimkan via chat WA dengan mengklik gambar tersebut alhasil kuota dan space memory bisa lebih terjaga ketersediannya.
  4. Okee dan selesai..selamat mencoba

Nah itulah cara mudah setting Whatsapp agar tidak menyimpan gambar otomatis, kami mempraktekan cara diatas dengan menggunakan ponsel ASUS Zenfone 5  dengan OS android lollipop dan berhasil. Dengan trik yang cukup simple seperti diatas kami rasa anda juga bisa melakukannya langsung saat ini.

BACA Juga:

Oke demikianlah artikel untuk anda yang ingin file gambar tak tersimpan secara otomatis via Whatsapp, semoga dengan postingan ini bisa memberikan anda wawasan dan juga manfaat, Terima kasih.

Cara supaya Whatsapp tidak menyimpan Foto secara Otomatis | alifajar | 4.5